Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai Baron merupakan pantai di daerah Gunungkidul Yogyakarta yang menyimpan berbagai keunikan didalamnya. Bentuk Pantai Baron sendiri menyerupai teluk kecil yang diapit oleh dua bukit di sisi kiri dan sisi kanan pantai. Dan kedua bukit tersebut merupakan bukit karang yang ditumbuhi oleh tumbuh – tumbuhan sehingga menambah keelokan dari pantai baron.

Pantai Baron memiliki pasir berwarna kecoklatan yang terhampar di sepanjang bibir pantai. Pasir berwarna kecoklatan ini yang menjadikan pantai baron berbeda dari pantai lainnya di gunung kidul. Pasalnya pantai di daerah jogja pada umumnya memilik pasir berwarna putih. Namun justru pasir berwarna coklat inilah yang menjadi daya tarik karena warnanya yang eksotis.

Pantai Baron dapat disebut sebagai pantai unik yang terdapat di Yogyakarta, karena di pantai baron ini terdapat 2 macam air, yaitu air tawar dan juga air asin yang berasal dari aliran sungai di pinggir pantai. Aliran sungai ini terletak disebelah barat Pantai Baron dimana air ini langsung mengalir ke arah laut.

Setiap tanggal 1 syura di pantai baron selalu di adakan upacara sedekah laut sebagai rasa terima kasih dari para nelayan atas panen ikan yang melimpah. Beberapa pantai di laut jawa juga mengadakan upacara seperti ini.

Selain menjadi tempat wisata, di pantai ini juga menjadi Pusat Pelelangan Ikan (TPI) , jadi jika anda memasuki kawasan pantai akan banyak menemui kapal nelayan yang sedang parkir. Anda juga dapat membeli ikan di pantai baron ini, kelebihannya adalah harganya yang lebih murah daripada jika ikan ini sudah memasuki pasar.

Lokasi Pantai Baron

Alamat : Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung sari, kabupaten gunung kidul, Yogyakarta, Indonesia

Pantai Baron terletak kurang lebih 60 km dari pusat kota Yogyakarta dan 56 km dari bandara Int. Adi Sucipto .

Rute Perjalanan

Akses perjalanan menuju ke Pantai Baron sangat lah mudah. Karena anda dapat menempuh perjalanan menggunakan alat transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

  • Transportasi Umum

Jika anda hendak berlibur ke pantai baron menggunakan transportasi umum,, dari terminal Giwangan anda harus menaiki bus jurusan Jogja – Wonosari , lalu dilanjutkan dengan menaiki mini bus yang melewati pantai Baron.

  • Kendaraan Pribadi

Terdapat beberapa alternative rute yang dapat anda pilih

#melalui piyungan yogya

Patuk – sambipitu – hutan bunder – bunderan tugu BPD , Jalan lingkar selatan – Jl. Giri subo wonosari – jalan saptosari – tepus – Pantai Baron

#melalui imogiri yogya

Panggang – jl. Saptosari – tepus – ikuti arah ke pantai baron

Harga tiket masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke pantai Baron ini adalah Rp. 10.000 untuk wisatawan lokal maupun asing. biaya masuk ini juga sudah termasuk biaya masuk ke pantai lainnya yang ada disekitar pantai baron, yakni pantai Krakal, Pantai kukup, dan pantai sundak.

Untuk memasuki wilayah mercusuar , wisatawan hanya perlu membayar biaya sebesar Rp. 5000 dan Rp. 2000 untuk biaya perawatan tangga.

Fasilitas yang dimiliki oleh obyek wisata alam pantai baron ini bisa dibilang cukup lengkap. Terdapat lahan parkir yang cukup luas, tiklet dan juga mushola sebagai sarana ibadah para wisatawan muslim yang berkunjung kesini. Selain itu juga, di pantai baron tersedia balai pertemuan yang dapat digunakan rombongan para wisatawan yang hendak beristirahat.

Di pantai ini juga tersedia restoran dan warung-warung kecil yang menyajikan sajian lezat untuk para pengunjung yang datang. Kebanyakan kuliner didominasi oleh masakan laut atau seafood. Juga terdapat took yang menjual pernak pernik ala pantai untuk anda bawa pulang dan hadiahkan kepada kerabat anda.

Disekitar pantai baron juga terdapat hotel, untuk anda yang ingin bermalam. Hotel atau penginapan disekitar pantai memiliki harga yang cukup terjangkau.

Wisata lain dekat Pantai Baron

Terdapat beberapa wisata didekat pantai baron yang dapat anda kunjungi juga. Jaraknya tidak terlalu jauh. Hanya kurang dari satu jam, anda sudah dapat mengjangkaunya.

Pantai Kukup

Pantai Kukup ini merupakan pantai yang memiliki karang layaknya pantai Indrayanti yang indah. Di pantai kukup ini, kita dapat melihat terumbu karang dan aneka biota laut saat air laut sedang dalam keadaan surut. Anda cukup menempuh waktu perjalanan 4 menit saja dari pantai baron ke pantai kukup ini. Sangat dekat bukan? Bahkan anda juga tidak perlu lagi membayar biaya masuk, karen biaya masuk pantai baron sudah termasuk biaya masuk pantai kukup ini.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang ini memiliki garis pantai yang sangat panjang seperti Pantai Parangtritis. Namun banyak yang bilang bahwa pantai sepanjang ini mirip dengan pantai kuta bali zaman dahulu.  Maka bagi anda yang penasaran, bila langsung datang dan juga mengunjunginya. Jika anda ingin kesini, anda hanya membuthukan waktu kurang lebih 9 menit dari pantai baroh menuju ke pantai sepanjang.

Pantai Sadranan

Di pantai sadranan ini anda bisa melakukan aktifitas snorkeling dan melihat keindahan bawah laut sana. Selain aktifitas snorkeling, di pantai sadranan ini anda juga bisa bermain perahu kano untuk berkeliling disekitar pantai. Di pantai sadranan ini terdapat banyak sekali gubug yang berjejer di sepanjang pantai. Gubug ini menciptakan hal unik yang akan kita temui di pantai sadranan. Pasalnya, di setiap pantai kita akan menemui tempat berjemur ataupun gazebo. Namun di pantai ini kita akan menemui gubug.

Tags: