Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Pantai yang terletak di selatan Pulau Lombok ini memiliki nama yang sama persis dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Memang Kuta Bali lebih populer di telinga masyarakat, namun jika anda datang ke pantai ini anda tidak akan kalah takjub dengan pemandangan yang disajikan. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih serta garis pantai yang cenderung bergelombang dengan panjang sekitar 7,2 km, serta banyaknya aneka biota bawah laut lengkap dengan terumbu karang. Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut tersebut di pantai ini karena telah disediakan penyewaan alat diving dan snorkeling.

Di sebelah barat terdapat sebuah bukit yang bernama Bukit Mandalika, nama yang diambil merupakan kisah kuno masyarakat sekitar bahwa terdapat seorang Putri bernama Mandalika yang lompat dari bukit tersebut agar terhindar dari kejaran pangeran yang ingin menikahinya. Nah, jika anda mengunjungi Pantai Kuta, jangan lupa untuk melihat indahnya pemandangan dari atas Bukit Mandalika ini.

Lokasi Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Rute Menuju Pantai Kuta Lombok

Jika anda dari pusat Kota Mataram, jarak yang harus di tempuh adalah 73 km` dengan waktu sekitar 90 menit.

Jika anda dari Bandara International Lombok Praya (BIL) jarak untuk ke pantai ini sekitar 30 menit dan anda akan melewati Desa Sade yang terkenal dengan kain tenunnya.

Harga Tiket dan Fasilitas

Pantai Kuta tidak memungut tiket masuk bagi para pengunjungnya, anda hanya dikenakan tariff parkir sebesar Rp. 10.000

Fasilitas yang disediakan di Pantai Kuta Lombok ini cukup lengkap diantaranya adalah :

  1. Paralayang

Di pantai ini anda bisa menikmati sekaligus menguji adrenalin anda dengan mencoba paralayang, anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah yaitu hamparan pasir putih yang terlihat jelas sejauh mata memandang.

  • Banana Boat

Disini anda juga bisa menikmati olahraga air salah satunya adalah Banana Boat, anda akan diajak berkeliling mengitari pantai dengan kecepatan yang tinggi sampai anda terjatuh dari Banana Boat, jika anda tidak bisa berenang, tak perlu khawatir karena sudah disediakan pelampung sebelum anda menaiki wahana ini.

  • Surfing

Pada saat tertentu Ombak di pantai ini sangat cocok untuk aktifitas surfing, bagi anda yang suka untuk menaklukan ombak, Pantai Kuta Lombok cocok untuk masuk di daftar list anda.

  • Diving & Snorkeling

Jika anda ingin melihat lebih dekat indahnya biota bawah laut di Pantai Kuta Lombok ini, anda bisa menyewa peralatan diving maupun snorkeling. Pemandangan yang disajikan sungguh menawan dengan terawatnya terumbu karang serta beragam ikan yang hidup di pantai ini.

  • Rumah makan

Setelah seharian melakukan aktifitas di pantai tentunya anda akan merasa lapar, di Pantai Kuta Lombok ini banyak berjejer rumah makan dengan berbagai menu khususnya makanan khas daerah Lombok yang dapat anda nikmati.

  • Penginapan

Di Pantai Kuta Lombok ini juga banyak dibangun penginapan, jadi anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat menginap karena disini banyak fasilitas hotel yang disediakan sesuai budget yang anda miliki. Namun yang harus anda perhatikan adalah ketika musim liburan, anda harus lebih cepat untuk reservasi dikarenakan pengunjung yang membludak di pantai ini, anda harus lebih awal memesan, jika tidak hotel-hotel tersebut telah full booked.

  • Gazebo & tempat berjemur

Di Pantai ini telah disediakan gazebo dan tempat berjemur sembari anda menikmati pemandangan di Pantai Kuta Lombok ini.

Objek Wisata di dekat Pantai Kuta Lombok

Di dekat Pantai Kuta Lombok juga terdapat banyak wisata lain seperti :

Pantai Selong Belanak

Selain Pantai Kuta ada juga Pantai Selong Belanak dengan garis pantai yang panjang dengan banyaknya perbukitan di sekitar pantai tersebut. Anda bisa melakukan aktifitas olahraga air mulai dari surfing sampai snorkeling dengan aman.

Pantai Mawun

Jika anda ingin menikmati pantai tanpa keramaian, pantai ini jawabannya. Anda bisa menikmati waktu dengan teman maupun pasangan anda karena pantai ini terbilang sunyi, pantai ini cukup dekat dengan Pantai Selong Belanak dan memakan waktu 10 menit saja dari pantai tersebut.

Pantai Tanjung Aan

Pantai ini merupakan pantai dengan garis pantai paling panjang di Lombok. Pantai ini memiliki tekstur pasir yang berbeda, yang pertama adalah dengan pasir yang halus, dan yang kedua pasir kasar seperti merica yang membuatnya terkenal juga dengan nama Pantai Merica

Desa Sukarara

Bosan dengan susasana pantai anda bisa langsung mengunjungi desa sukarara, di desa ini anda bisa belajar cara menenun. Desa ini terkenal dengan kerajinan songketnya di Lombok.

Desa Sade

Desa ini merupakan desa penduduk asli Suku Sasak, yang menarik di desa ini adalah rumahnya yang di pel menggunakan kotoran sapi sehingga membuat terlihat kinclong.

Air Terjun Benang Kelambu

Dinamakan Air Terjun Benang Kelambu dikarenakan airnya yang jatuh dari ketinggian 40 meter sehingga menyerupai kelambu. Air yang terjun sangat halus sehingga anda tidak akan merasa kesakitan ketika bermain di bawah air terjun tersebut.

Bukit Merese

Hamparan bukit hijau yang bersanding dengan pantai yang akan membuat anda kagum saat melihat pemandangan dari atas bukit ini, bukit ini merupakan ikon wisata Lombok, anda bisa mengunjungi bukit ini dengan waktu tempuh 2 jam dari pusat Kota Mataram.

Tags: