Pantai Losari

pantai losari

Pantai Losari memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Pasalnya pantai yang berlokasi di Makassar ini sangat terkenal karena keindahannya. Pantai ini merupakan sarana hiburan bagi warga makassar sendiri maupun wisatawan yaitu untuk melepas penat ataupun hanya untuk berkumpul saja bersama keluarga ataupun kerabat. Pantai Losari merupakan salah satu objek wisata andalan di Makassar.

Pantai Losari akan lebih terlihat indah dikala senja datang. Karena di pantai ini kita dapat menyaksikan matahari tenggelam. Pada momen seperti itu banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu untuk berfoto mengabadikan momen itu. Bukan hanya itu, pengunjung juga banyak mengunjungi pantai losari dikala matahari terbit atau sunrise. Setelah selesai menikmati sunrise, kemudian pengunjung akan berjogging

Di pantai losari anda bisa mencicipi berbagai kuliner laut maupun khas Makassar yang sangat lezat yang dapat memanjakan lidah anda. Masakan laut yang dapat anda nikmati seperti cumi-cumi, lobster, Ikan Pari. Sedangkan makanan khas Makassar yang bisa anda nikmati di pantai Losari seperti coto Makassar, pisang epek , pallu butung, pisang ijo, sop konro dan lain-lain. Harga setiap makanan sangat bervariasi yaitu mulai dari Rp. 8000 – Rp. 50.000.

Lokasi Pantai Losari

Pantai Losari beralamat di Jalan Penghibur, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Lokasi Pantai Losari sangat mudah di jangkau karena letaknya yang dipinggir jalan, sehingga untuk menuju ke pantai losari , anda dapat menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi. Ada beberapa jalur yang dapat anda pilih

#menggunakan kendaraan Pribadi

  • Rute dari bandara Sultan Hasanuddin : Jalan Poros bandara baru – Tol Insinyur Sutami – Tol Reformasi – Jalan Nusantara Baru – Jalan somba OPU – Jalan Penghibur – Pantai losari

Dengan rute ini, anda akan membutuhkan jarak tempuh dari Bandara Hasanudin hingga Pantai Losari sekitar 45 menit perjalanan jika tidak macet.

  • Rute dari Theme Park Trans Studio Makassar : ambil arah utara menuju Jalan Metro TJ Bunga, lalu melanjutkan ke Jalan Penghibur, kemudian melaju hingga sampai di Pantai Losari.

Jarak tempuh ini sangat dekat jika di bandingkan dari bandara tadi. Jika melewati rute ini, hanya sekitar 5 km saja yang memakan waktu sekitar kurang dari 20 menit.

#menggunakan transportasi umum

Bagi anda yang menggunakan jasa angkutan umum bisa memilih menggunakan pete-pete ( angkutan ) , becak, ojek, bentor ( becak motor ), dan juga BRT ( Bus Rapid Transit ).

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Jika berkunjung ke Pantai Losari ini anda tak perlu khawatir dengan harga tiket masuk yang mahal. Karena, pantai Losari ini bersifat umum dan sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat sehingga tidak ada biaya masuk seperser pun, atau bersifat gratis.

Walaupun bersifat gratis bukan berarti tidak ada fasilitas di pantai ini. Pantai Losari juga memiliki fasilitas yang mumpuni seperti adanya masjid terapung yang disebut-sebut menjadi masjid apung pertama di Indonesia. Masjid ini bernama Masjid Amirul Mukminin. Letaknya berada di sisi timur laut Pantai Losari. Masjid ini juga berhadapan langsung dengan rumah yang di huni oleh Wali Kota Makassar.

Bukan hanya itu, di Pantai Losari anda juga dapat menikmati akses Wi-fi , tidak tanggung-tangung, wifi yang disediakan disini bersifat gratis untuk kita akses. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik mungkin sebagaimana yang telah diberikan secara gratis. Fasilitas ini diberikan guna membuat nyaman para pengunjung yang datang, walau hanya untuk menikmati pemandangan pantai dan mengakses wifi gratis. Semoga akses wifi gratis ini dapat diterapkan di pantai-pantai lainnya, agar semakin membuat nyaman dan betah para pengunjung.

Wisata dekat Pantai Losari

Pusat Kerajinan Tangan Indonesia

Dari namanya saja kita sudah bisa tahu bahwa tempat ini adalah pusat oleh-oleh  khas Makassar. Memang tak lengkap rasanya jika kita pulang dan tak membawa buah tangan untuk keluarga. Tenang saja, di toko ini menjual berbagai macam buah tangan seperti baju kaos, markisa, minyak tawon, kain sutra tenun, kacang disko, marning, minyak beruang, miniature tongkonan, songkok Makassar dan lain-lain.  Toko ini terletak di Jalan Somba Opu dan letaknya hanya 0,1 km dari Pusat wisata Pantai Losari. Staff pekerja di toko ini terbilang sangat ramah. Pusat Kerajinan Tangan Indonesia ini buka dari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam setiap harinya.

Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam adalah salah satu bangunan bersejarah di kota Makassar. Meski ada beberapa bangunan dari benteng ini yang sudah tidak utuh lagi, tapi tidak mengurangi kegagahan dari benteng tersebut. Benteng ini merupakan peninggalan kerajaan Gowa – Tallo. Di dalam benteng ini terdapat bangunan dengan arsitektul zaman colonial. Kita  bisa melihat ruang tahanan tempat pangeran Diponegoro diasingkan kala itu.

Jika dilihat dari atas, bentuk benteng ini seperti penyu. Lingkungan di benteng ini juga terbilang cukup bersih dan terjaga dengan baik. Lokasi benteng sendiri di tengah kota dan hanya berjarak 0,6 km dari pantai losari sehingga sangat mudah dijangkau.

Pulau Kayangan

Tak jauh dari pantai losari terdapat pulau untuk mencari ketenangan ditengah lautan, ini adalah pulau kayangan. Luasnya tak lebih dari 1 hektar,namun pulau ini menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan. Suasananya yang tenang menjadikan tempat ini sebagai spot untuk mencari ketenangan. Ditambah lagi pemandangan pantai yang luar biasa indah dengan pantai berbulir pasir putih .

Untuk menuju ke pulau kayangan, wisatawan hanya perlu menyebrang menggunakan perahu motor sekitar 15 menit lamanya. Nah anda juga bisa mencoba sensasi menginap di pulau kayangin ini, karena sudah tersedia beberapa penginapan disini.

Tags: