Pantai Menganti

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti merupakan sebuah obyek wisata yang ada di Kebumen, Jawa Tengah Pantai Menganti disebut sebut sebagai surga terindah di Jawa Tengah. Pantai Menganti sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Meskipun bukan akhir pekan ataupun liburan, Pantai Menganti cukup ramai dikunjungi.

Panorama alam yang disajikan di pantai ini patut anda acungi jempol. Anda akan disajikan pemandangan laut biru sejauh mata memandang serta batu karang yang menghiasi bibir pantai. Anda bisa menghabiskan waktu anda dengan menikmati keindahan panorama alam yang ada di pantai ini.

Asal Muasal Pantai Menganti ini adalah, pada dahulu kala ada seorang panglima yang melarikan diri dari kerajaan ke pantai ini. Sang Panglima mempunyai sebuah janji dengan seorang gadis pujaan dan berjanji untuk bertemu di pantai ini. Sang Panglima menanti selama berhari – hari namun sang gadis tak kunjung datang. Darisitulah nama Menganti di berikan yang berarti “menanti”.

Lokasi Pantai Menganti

Pantai Menganti ini berlokasi di Desa Karang Duwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Pantai Menganti

Pantai Menganti Kebumen ini berjarak kira – kira 35 km dari Gombong dan 42km dari pusat kota Kebumen. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum untuk sampai ke Pantai Menganti. Berikut rute untuk sampai di Pantai Menganti.

Dari Gombong

  • Dari Gombong anda diwajibkan mengikuti jalan menuju Puring, lalu belok kanan menuju Pantai Suwuk, Kemudian anda bisa lurus terus sampai menemukan Pantai Menganti. Rute ini cukup menantang karena banyak tikungan tajam dan tanjakan yang berbahaya. Jadi anda diharuskan berhati – hati saat melewati jalur ini.
  • Rute yang kedua ini cukup jauh dengan jarak yang anda tempuh sejauh 45km. Rutenya dari Gombong pilihlah rute menuju Pantai Logending kea rah barat, lalu anda pilih jalur ke arah Pantai Menganti mengikuti petunjuk arah.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket yang di banderol untuk bisa masuk ke Pantai Menganti cukup terjangkau, anda cukup membayar Rp. 10.000 untuk bisa menikmati panorama alam yang sangat indah di pantai ini.

Fasilitas yang ada di Pantai Menganti Kebumen ini juga cukup lengkap. Anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang disediakan di pantai ini diantaranya adalah :

  • Area Parkir

Di Pantai Menganti telah disediakan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung yang membludak ketika akhir pekan ataupun liburan telah tiba. Jadi anda tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat parkir untuk kendaraan anda saat berkunjung ke pantai ini.

  • Mushola

Bagi anda yang beragama muslim, anda dapat menikmati fasilitas ibadah yang ada di pantai ini karena sudah di bangun mushola untuk kebutuhan ibadah saat anda berlibur ke pantai ini.

  • Toilet

Di Pantai Menganti juga disediakan banyak toilet. Jadi anda tidak perlu repot menunggu antrian karena toilet yang di sediakan di pantai ini sudah cukup banyak.

  • Homestay

Bagi anda yang ingin bermalam di pantai ini, di dekat pantai banyak disediakan homestay dengan harga yang bervariasi sesuai dengan budget yang anda miliki. Dengan harga yang cukup terjangkau anda sudah bisa menikmati fasilitas yang memadai yang ada di homestay ini.

  • Villa

Selain homestay, ada juga villa sebagai tempat bermalam anda disini. Jika anda punya budget lebih, anda bisa menyewa villa dengan fasilitas yang cukup lengkap di dalamnya.

  • Rumah Makan

Untuk masalah kuliner, Pantai menganti ini menyediakan bermacam macam menu olahan laut dari mulai kepiting, udang, cumi –cumi, lobster dan kerang.

Jadi anda bisa memanjakan perut anda dengan berbagai macam kuliner yang ada di sekitar pantai ini.

Objek Wisata di dekat Pantai Menganti

Selain Pantai Menganti, Kebumen juga mempunyai berbagai macam wisata lain yang jaraknya cukup dekat dengan pantai ini. Berikut objek wisata lain yang berada dekat dengan Pantai Menganti :

Pantai Logending

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang ada di Kebumen. Pantai ini dikenal indah dengan hutan yang masih terawatt alami di sekitarnya. Di pantai ini anda bisa berkeliling dengan perahu wisata dengan kapasitas perahu yakni 40 sampai 60 orang.

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong memiliki daya tarik tersendiri yaitu pada hunian burung walet di dalam gua terdapat 3 gua dimana burung wallet itu tinggal yakni Gua Pasir, Gua Karang Duwur, dan Gua Karang Bolong. Sarang burung wallet ini dapat digunakan untuk campuran makanan. Pengunduhan sarang burung wallet di lakukan 4 kali setahun yang di dahului dengan upacara selametan.

Curug Silancur

Bosan dengan pemandangan pantai, anda bisa mengunjungi air terjun atau curug ini. Curug ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan, meskipun begitu pemandangan yang disajikan oleh curug ini tidak perlu anda ragukan lagi. Untuk dapat menikmati keindahan curug ini anda cukup membayar Rp. 5000 untuk biaya penitipan motor saja. Anda tidak di kenakan tiket masuk untuk sampai ke curug ini.

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar menjadi tempat wisata di kebumen yang wajib anda kunjungi. Objek wisata ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Goa ini memiliki tinggi sekitar 12 meter dengan kedalaman atau panjang sekitar 250 meter. Untuk bisa menikmati keindahan gua kapur ini anda diwajibkan membayar tiket sebesar Rp. 5000 saja. Cukup terjangkau bukan?

Tags: