Pantai Ora

Pantai Ora

Pantai Ora adalah suatu pantai yang terletak di Pulau Seram Maluku Tengah. Pantai ini memiliki karakteristik pantai yang berpasir putih bersih dan air yang sangat jernih. Pantai Ora merupakan objek wisata di teluk Sawai yang setiap tahunnya dapat menghasilkan 500 lebih wisatawan. Pantai Ora memiliki penginapan yang unik, yaitu penginapannya yang mengambang di atas pantai. Jadi disini anda bisa menikmati sensasi bermalam persis di bibir pantai dengan hutan di sekitarnya.

Anda dapat melakukan aktifitas snorkeling di Pantai ini karena banyaknya terumbu karang dan biota laut didalamnya.

Wilayah Pantai Ora tidak memiliki daratan yang luas seperti pantai kebanyakan dikarenakan daratannya berupa tebing batu dan bukit batu yang curam. Pantai Ora bersebelahan dengan dua desa yakni Desa Saleman dan Desa Sawai. Desa tersebut juga sering di sebut sebagai desa adat.

Lokasi Pantai Ora

Pantai Ora berlokasi di Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Rute Menuju Pantai Ora

Dari Jakarta

  • Dari Jakarta menggunakan pesawat membutuhkan waktu 3 jam setengah untuk sampai ke Bandara Pattimura Ambon. Dari Bandara Pattimura Ambon ada jalur alternative yang bisa anda lalui untuk sampai ke Pantai Ora.

Anda dapat menyewa mobil taksi  yang bisa langsung mengantar anda ke Desa Sawai lokasi Pantai Ora. Anda diwajibkan untuk bernegosiasi bersama supir mengenai harga dan supirnya mau atau tidak untuk mengantar anda kesana karena jarak yang ditempuh sangatlah lama yaitu hampir 1 hari 1 malam dengan menyusuri kabupaten Seram bagian barat. Dan Kabupaten Maluku Tengah.Total biaya dari Jakarta sampai ke Pantai Ora berkisar sekitar Rp.1350.000

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga Tiket Masuk yang di banderol untuk ke Pantai Oracukup terjangkau dengan panorama yang ada di pantai ini. Anda cukup merogoh kocek Rp. 25.000 perorang untuk menikmati keindahan alam Pantai Ora ini.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Ora ini cukup lengkap diantaranya adalah :

  1. Diving & Snorkeling

Jika anda ingin melihat lebih dekat indahnya biota bawah laut di Pantai Ora ini, anda bisa menyewa peralatan diving maupun snorkeling. Pemandangan yang disajikan sungguh menawan dengan terawatnya terumbu karang serta beragam ikan yang hidup di pantai ini.

  • Rumah makan

Setelah seharian melakukan aktifitas di pantai tentunya anda akan merasa lapar, di Pantai Ora ini tidak banyak rumah makan namun anda tetap data menikmati kuliner khas di pulau seram ini dengan berbagai menu yang disediakan terutama olahan laut.

  • Penginapan

Di Pantai Ora ini juga  dibangun penginapan dan penginapannya terbilang unik karena berada di atas air seperti rumah panggung., jadi anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat menginap karena disini banyak fasilitas hotel yang disediakan sesuai budget yang anda miliki. Namun yang harus anda perhatikan adalah ketika musim liburan, anda harus lebih cepat untuk reservasi dikarenakan pengunjung yang membludak di pantai ini, anda harus lebih awal memesan, jika tidak hotel-hotel tersebut telah full booked.

  • Gazebo & tempat berjemur

Di Pantai ini telah disediakan gazebo dan tempat berjemur sembari anda menikmati pemandangan di Pantai Ora ini.

Objek Wisata di dekat Pantai Ora

Selain Pantai ora di wilayah Maluku Tengah juga terdapat banyak wisata lain seperti :

Pulau Banda

Pulau Banda merupakan pulau yang terkenal sebagai pusat perdagangan rempah – rempah pada zaman penjajahan hingga abad ke 19. Selain sebagai tempat bersejarah, Pulau Banda juga dikenal sebagai objek wisata laut yang sangat mempesona. Di Pulau ini terdapat kurang lebih 250 spesies biota laut yang hidup di bawah laut Pulau Banda. Anda juga dapat menikmati keindahan flora dan fauna yang ada di pulau ini. Anda juga dapat menyaksikan mamalia laut seperti ikan paus dan lumba – lumba dari atas perahu ketika menyusuri Pulau Banda.

Pantai Liang

Pantai Liang merupakan salah satu pantai yang pernah dinobatkan sebagai pantai terindah oleh UNDP – PBB pada tahun 1990. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dan terlihat berkilau saat terkena pantulan sinar matahari. Di pantai ini anda bisa menikmati keindahan pesona alam pantai ini.

Pantai Natsepa

Pantai ini berjarak sekitar 18 km dari Kota Ambon. Pantai ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata saat liburan datang maupun saat akhir pekan. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dengan pemandangan alam disekitarnya. Di pantai ini anda bisa mencicipi rujak Sulli yang sangat terkenal di tempat wisata ini.

Pulau Bair

Pulau Bair merupakan pulau yang memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya 2 teluk air laut yang jernih dan tenang serta berbagai vegetasi mangrove yang segar. Pulau Bair digadang gadang sebagai Raja Ampatnya Maluku. Tempat wisata ini adalah salah satu habitat asli anak ikan Hiu yang berjenis Blackpit.

Pulau Osi

Pulau Osi merupakan kumpulan pulau yang dihubungkan dengan jembatan kecil yang menjadi penghubung antar pulau sehingga para wisatawan dapat merasakan sensasi menyebrangi lautan lepas menggunakan jembatan kayu yang dapat menambah adrenalin anda.

Pantai Pintu Kota

Pantai ini merupakan sebuah ikon dari wisata di kota Ambon. Pantai ini sangat berbeda dari pantai kebanyakan di Maluku karena banyaknya batu karang yang menakjubkan. Yang paling digemari masyarakat adalah karang yang berlubang di kedua sisinya yang digunakan sebagai ajang berfoto untuk mengabadikan momen saat berlbur ke pantai ini.

Tags: