Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah salah satu pantai yang berada di Kabupaten Pangandaran yang paling populer untuk dijadikan tempat wisata saat akhir pecan maupun liburan. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah lengkap dengan flora dan faunanya. Pantai Pangandaran memiliki 2 sisi, yang pertama adalah pasir coklat kehitaman dan yang kedua adalah pasir putih. Saat pertama masuk sepanjang jalan anda akan melihat pantai dengan pasir coklat, di pantai ini cocok untuk berenang dan bermain surfing. Sedangkan jika anda lebih suka snorkeling, pasir putih sangat cocok karena banyak sekali biota bawah laut lengkap dengan terumbu karang yang siap memanjakan mata anda.

Ada 2 rute yang dapat dilalui untuk kepasir putih, yang pertama, anda bisa menyewa perahu, dan kedua anda bisa melewati cagar alam.

Lokasi Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran berlokasi di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Pantai Pangandaran

  • Via Bus

Anda bisa menggunakan bus dengan jurusan Sukabumi – Pangandaran, Jika dari Bandung, anda bisa menuju ke terminal Cicaheum dan memilih jurusan Bandung – Pangandaran. Dari Jakarta bisa menggunakan Bus jurusan Kampung Rambutan – Pangandaran.

  • Via Kendaraan Pribadi

Dari arah Jakarta anda bisa masuk ke Tol Cipularang dan keluar melalui Tol Cileunyi yang merupakan batas akhir tol tersebut di arah timur. Anda tinggal mengikuti jalan raya dengan jarak 200km menuju kota Ciamis, lalu dilanjutkan Banjar dan sampai di Pangandaran.

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke Pantai Pangandaran adalah :

  • Pejalan Kaki                    : Rp. 5.800
  • Roda 2                            : Rp. 13.000
  • Jenis Sedan atau Jeep   : Rp. 34.000
  • Jenis Carry                      : Rp. 65.000
  • Mobil Penumpang besar : Rp. 93.000
  • Bus Kecil                         : Rp. 122.000
  • Bus Sedang                    : Rp. 186.000
  • Bus Besar                       : Rp. 307.000

Fasilitas yang disediakan di Pantai Pangandaran sangat beragam berikut fasilitas yang bisa anda nikmati :

  1. Penginapan

Bagi anda yang ingin berlibur dan bermalam di Pantai Pangandaran, di pantai ini banyak dibangun hotel dengan harga yang bervariasi. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk bermalam karena disini banyak disediakan fasilitas yang sesuai isi dompet anda.

  • Tempat Makan

Anda bisa menjumpai banyak tempat makan di dekat area pantai, bahkan anda bisa juga memesan makanan cepat saji yang terdapat di dekat area pantai.

  • Kamar Mandi & MCK

Seusai berenang anda tidak perlu kebingungan mencari tempat untuk membersihkan diri anda karena banyak tersedia kamar mandi di area pantai, biasanya dikenakan tarif 2-5 ribu rupiah untuk mandi dan bilas.

  • Mushola

Di Pantai Pangandaran ini juga disediakan mushola untuk keperluan ibadah bagi anda yang beragama muslim.

  • Tempat penyewaan Surfing & Snorkeling

Jika anda ingin berenang ataupun menikmati keindahan biota bawah laut, di Pantai Pangandaran juga disediakan tempat penyewaan surfing dan snorkeling dengan harga yang cukup terjangkau yakni 10.000 untuk papan surfing dan 25.000 – 35.000 untuk alat snorkeling

  • Penyewaan Kuda

Jika anda ingin berkeliling Pantai Pangandaran, anda bisa menyewa kuda dengan tarif sekitar Rp. 50.000 – Rp. 100.ribu per 30 menit.

Objek Wisata di dekat Pantai Pangandaran

Banyak wisata lain di dekat Pantai Pangandaran yang saying untuk anda lewatkan.

Cagar Alam

Berada sangat dekat dengan Pantai Pangandaran, Cagar Ala ini adalah sebuah hutan yang menghubungkan antara pantai pasir coklat dan pantai pasir putih. Di Cagar Ala mini anda bisa melihat berbagai macam satwa diantaranya adalah rusa, kera dan lutung. Yang perlu di perhatikan adalah anda harus berhati-hati jika masuk ke Cagar Alam saat membawa makanan atau minuman. Dikarenakan para kera akan mencuri makanan tersebut dari tangan anda. Biaya masuk ke Cagar Alam adalah 20.000 perorang.

Pangandaran Sunset

Pangandaran Sunset merupakan sebuah taman di dekat Pantai Pangandaran yang biasa digunakan untuk melihat sunset, di taman ini anda bisa menikmati sore hari dengan hembusan angin dan matahari yang mulai terbenam.

Citumang

Jika anda bosan dengan suasana pantai, anda bisa mencoba bodyrafting di citumang, Citumang merupakan sebuah sungai yang mengalir dengan air yang sangat jernih. Disini kita bisa bermain bodyrafting bersama teman ataupun sang kekasih dan didampingi juga oleh sang pemandu yang akan mengabadikan momen dengan action cam. Untuk dapat menikmati bodyrafting di citumang, anda harus membayar tiket sebesar Rp. 150.000 – Rp. 175.000 per orang, harga tersebut sudah termasuk pelampung, makan dan dokumentasi.

Green Canyon

Green Canyon merupakan tempat wisata hamper mirip seperti Citumang namun lebih populer. Anda bisa kesini dengan waktu sekitar 1 jam dari Pantai Pangandaran. Anda bisa menikmati pemandangan di green canyon dengan cara menyewa perahu untuk menyusuri sungai hingga sampai ke sebuah gua dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Di dalam gua anda bisa berenang dan meloncat dari bebatuan. Untuk dapat menikmati indahnya Green Canyon anda dikenakan tariff sebesar Rp. 250.000 untuk perahu (max. 6 orang) dan berenang/perahu Rp. 100.000 dengan durasi 30 menit.

Pantai Batu Hiu

Di pantai ini anda bisa menikmati pemandangan dari atas bukit, di pantai ini tidak di perbolehkan berenang dikarenakan ombaknya yang cukup besar. Di atas bukit terdapat saung / gazebo untuk menikmati indahnya pemandangan pantai batu hiu.

Tags: