Pantai Pink

Pantai Pink

Pantai yang terletak di timur Pulau Lombok ini kian populer di telinga masyarakat dikarenakan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini memiliki keunikan pasir yang berwarna merah muda. Nama asli pantai ini adalah pantai Tangsi, namun karena pasirnya yang unik ini para wisatawan menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Pink.

Pantai ini memiliki panjang sekitar 1,5km dengan luas bibir pantai mencapai 6 meter di kelilingi perbukitan yang membentuk teluk – teluk kecil dan di lautnya terdapat beberapa pulau – pulau kecil yang disebut Gili oleh masyarakat setempat.

Lokasi Pantai Pink

Pantai Pink berlokasi di Desa Serokah, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rute Menuju Pantai Pink

Dari pusat kota Mataram ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jarak yang di tempuh sekitar 85 km untuk sampai ke Pantai Pink ini. Kondisi jalan menuju pantai Pink sudah beraspal, dan sekitar 5 km sebelum tiba di sampai pink terdapat bahu jalan yang berlubang dan terdapat beberapa titik yang tidak beraspal. Anda harus berhati – hati ketika sudah sampai pada titik ini apalagi saat turun hujan. Tidak jauh dari situ anda akan menemui gerbang masuk dan anda diharuskan membayar tiket masuk.

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk yang dibanderol untuk dapat menikmati keindahan alam di pantai Pink ini cukup terjangkau, anda hanya di wajibkan membayar sebesar Rp. 5000 saja per orang untuk masuk ke pantai ini.

Fasilitas yang disediakan di Pantai Pink ini masih sangat terbatas dan belum cukup lengkapmulai dari kamar mandi dan toilet juga belum tersedia. Dan keadaan itu di perparah dengan jalan menuju pantai yang rusak. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke pantai ini diharapkan membawa bekal dan kendaraan pribadi.

  1. Surfing

Pada saat tertentu Ombak di pantai ini sangat cocok untuk aktifitas surfing, bagi anda yang suka untuk menaklukan ombak, Pantai Pink cocok untuk masuk di daftar list anda.

  • Diving & Snorkeling

Jika anda ingin melihat lebih dekat indahnya biota bawah laut di Pantai Pink ini, anda bisa menyewa peralatan diving maupun snorkeling. Pemandangan yang disajikan sungguh menawan dengan terawatnya terumbu karang serta beragam ikan yang hidup di pantai ini.

  • Rumah makan

Setelah seharian melakukan aktifitas di pantai tentunya anda akan merasa lapar, di Pantai Pink ini banyak berjejer rumah makan dengan berbagai menu khususnya makanan khas daerah Lombok yang dapat anda nikmati.

  • Penginapan

Penginapan di Pantai Pink cukup jauh karena belum tersedia penginapan yang dibuat di area Pantai Pink. Penginapan paling dekat dari pantai Pink adalah sejauh 2 km dari area Pantai Pink.

Objek Wisata di dekat Pantai Pink

Di dekat Pantai Pink juga terdapat banyak wisata lain seperti :

Pulau Pasir

Pulau Pasir ini cukup unik karena pulau ini akan muncul ketika air laut surut. Jika angina datang dari arah barat daya maka kemunculannya di pagi hari. Sedangkan jika arahnya datang dari selatan maka pulau ini akan muncul pada sore hari. Disaat seperti itulah tempat ini dijadikan sebagai destinasi wisata anda setelah berkunjung ke pantai Pink. Di pulau ini hanya ada pasir saja, tidak ada kehidupan di pulau ini. Anda akan melihat berbagai macam warna bintang laut dan tidak jauh dari pulau ini anda akan melihat tempat bernama Gili Marengkeq yang penghuninya adalah suku Bajo.

Gili Petelu

Sesuai namanya, terdapat 3 gili kecil berbentuk perbukitan yang pantainya saling menyambung. Keunikan dari tempat ini adalah terdapat dua bibir pantai yang berbeda yang terpisah oleh pasir putih sekitar 2 meter lebarnya. Gili Petelu merupakan salah satu spot untuk snorkeling.Airnya yang sangat jernih sehingga anda bisa melihat terumbu karang dan beragam biota laut dibawahnya. Di tempat ini ada spesies langka yang hanya hidup di 2 tempat yaitu di perairan Caribbean dan di Lombok, spesies itu adalah karang biru. Sedangkan di bagian lain laut yang terpisah oleh pantai adalah spot untuk dapat melihat ikan hiu dari dekat. Kapten kapal akan memandu anda untuk melihat langsung predator laut yang satu ini. Namun hiu yang ada disini tidak berbahaya dan ukuran paling besar yang pernah dilihat disini adalah sekitar 1 meter.

Pantai Semangkoq

Pantai ini berada di sebelah kanan Pantai Pink Lombok dan merupakan destinasi berikutnya setelah berkunjung ke Pantai Pink. Pantai ini disebut Semangkoq karena bibir pantainya yang begitu melengkung.

Anda hanya bisa datang ke pantai ini menggunakan perahu karena tempat ini diapit oleh perbukitan yang sangat tinggi. Tempat ini juga dijadikan spot bagi para pemancing karena terdapat karang yang berlubang dan di penuhi ikan. Tempat ini dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan “Sumur Ikan”. Di pantai ini anda juga bisa menikmati aktifitas snorkeling karena banyak biota laut dan terumbu karang di bawahnya.

Pantai Lombok 1

Pantai inilah yang ditemukan untuk di explore sebagai tempat wisata di kawasan ini, disini anda akan melihat pantai dengan pasir yang lebih pink dari pantai yang sebelumnya. Disekitar pantai juga terdapat warung warung kecil yang berjualan es kelapa muda serta makanan ringan. Pantai ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu akhir pekan maupun liburan bersama teman maupun keluarga

Tags: