Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Salah satu pantai yang berada di selatan Pulau Jawa ini menjadi pilihan obyek wisata bagi para turis lokal maupun mancanegara pada saat akhir pekan ataupun saat liburan panjang tiba. Pantai Sadranan memiliki daya tarik tersendiri yaitu aktifitas snorkelingnya.

Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam biota bawah laut yang terdapat di pantai ini. Selain snorkeling anda juga bisa bermain perahu kano untuk berkeliling di sekitar pantai. Ada yang unik di Pantai Sadranan, yaitu banyaknya gubuk yang berjejer sepanjang pantai, jika biasanya di pantai terdapat tempat berjemur dan gazebo, namun di pantai ini ada gubuk yang disewakan sepanjang Pantai Sadranan.

Lokasi Pantai Sadranan

Pantai Sadranan berlokasi di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Rute Menuju Pantai Sadranan

Via Kendaraan Pribadi

Dari Kota Yogyakarta, anda diharuskan menuju ke arah Wonosari, namun anda juga bisa melintasi jalur alternatif melewati Imogiri-Panggang. Jika anda lewat Wonosari,  maka anda ambil rut eke arah selatan menuju Pantai Baron, lalu setelah tiba di pos retribusi, anda akan menemukan pertigaan, kemudian lurus ke arah Pantai Krakal dan Pantai Sadranan terletak di sebelah timur Pantai Krakal.

Via Transportasi Umum

Dari Tugu Jogja anda dapat menggunakan Bus – KOR-1A, Bus – JALUR 4, Bus – Jogja – Wonosari dengan waktu yang di tempuh selama 93 menit.

Dari Bakphia Pathok 25 anda dapat menggunakan Bus – JALUR 4, Bus – Jogja – Wonosari.

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket yang dibanderol untuk masuk ke Pantai Sadranan adalah sebesar :

1 orang : Rp. 10.000 (tambah Rp.2000 jika anda membawa sepeda motor)

Parkir    : Rp. 5.000

Fasilitas yang ada di Pantai Sadranan ini sudah cukup lengkap anda bisa menghabiskan waktu di pantai ini. Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah :

  1. Snorkeling

Di Pantai Sadranan disediakan penyewaan alat untuk snorkeling, jadi bagi anda yang ingin menikmati pemandangan bawah laut di pantai ini, anda bisa langsung menyewa dengan harga yang di banderol sebesar Rp. 50.000 per 1 jam.

  • Perahu Kano

Selain snorkeling anda juga bisa menyewa perahu kano untuk berkeliling sekitar pantai, anda bisa merasakan sensasi mendayung perahu melawan ombak. Tarif yang di pasang untuk bisa menikmati perahu kano ini adalah sebesar Rp. 50.000 per 1 jamnya.

  • Gubuk

Tempat seperti gazebo ini yang atapnya terbuat dari jerami dapat anda jumpai diseoanjang Pantai Sadranan anda bisa bersantai di gubuk ini sambal menikmati angin yang berhembus serta ombak yang bergulung di Pantai Sadranan ini. Gubuk ini disewakan dengan harga Rp. 25.000

  • Dome & Tenda Camping

Bagi anda yang ingin bermalam dengan teman-teman anda anda bisa menyewa tenda untuk bermalam dan membuat api unggun pada malam harinya. Harga tenda yang ditawarkan sebesar Rp. 50.000 dengan kapasitas maksimal 4 orang.

  • Rumah Makan

Setelah lelah seharian berenang dan menikmati biota bawah laut, anda bisa langsung memesan makanan di rumah makan di sekitar pantai, rumah makan ini menyediakan berbagai olahan seafood khas Gunung Kidul. Jadi anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal dari rumah.

  • Mushola

Khususnya untuk anda yang beragama muslim di dekat pantai ini juga terdapat mushola yang dapat digunakan untuk keperluan ibadah.

  • Toilet

Di Pantai Sadranan ini tersedia toilet yang cukup banyak sehingga anda tidak perlu capai untuk antri

  • Penginapan

Tidak perlu bingung mencari tempat menginap karena di area Pantai Sadranan banyak di jumpai hotel maupun motel dengan harga yang bervariasi sesuai budget yang anda miliki.

Objek Wisata di Dekat Pantai Sadranan

Selain Pantai Sadranan, jangan lewatkan juga untuk berkunjung ke obyek wisata di dekat Pantai Sadranan. Obyek wisata diantaranya adalah :

Pantai Siung

Pantai ini dikenal dengan batu karang raksasa dan olahraga ekstrimnya, di pantai ini telah diadakan berbagai macam event dari nasional hingga internasional untuk cabang olahraga panjat tebing. Pantai Siung berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Baron

Sebelum anda ke Pantai Sadranan anda akan melewati Pantai Baron, di sepanjang bibir pantai ini anda akan menemukan restoran yang menyajikan aneka olahan ikan laut dari mulai ikan kakap, kepiting dan lobster. Pantai Baron berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Jogan

Pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya air terjun setinggi 10 meter yang langsung jatuh ke laut. Air terjun ini mengalir dari Bukit Karst yang ada di kawasan Pantai Jogan. Pantai ini dikelilingi oleh pegunungan kapur. Pantai Jogan berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Goa Gelatik

Jika anda bosan dengan suasana pantai, anda bisa mengunjungi gua yang satu ini, di gua ini anda dapat menyaksikan keindahan stalaktit dan stalagmite yang murni buatan alam. Gua ini masih terjaga keasliannya, gua ini memiliki panjang 400m. Jika anda ingin berkunjung kesini harus berhati – hati karena ada medan yang licin dan juga terdapat sarang kelelawar di dalam gua ini. Gua ini berlokasi di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul.

Bukit Bintang

Tempat ini adalah tempat terbaik untuk menikmati keindahan Kota Jogja di malam hari. Dari sini anda bisa melihat gemerlapnya kota Jogja sambil menikmati minuman dan jajanan. Bukit Bintang menjadi tempat tongkrongan seru bagi anak muda di daerah tersebut.

Tags: