Pantai Santolo

Pantai Santolo

Pantai Santolo merupakan salah satu destinasi wisata dari tujuh obyek wisata paling populer di Garut. Jika anda berkunjung ke Garut, jangan lewatkan untuk mampir ke pantai ini. Pantai Santolo berada sekitar 90 km dari pusat Kota Garut. Anda bisa berkunjung ke pantai ini dari pusat kota dengan waktu sekitar 3,5 jam.

Pantai Santolo memiliki daya tarik tersendiri yaitu pasir putih dan udara yang sejuk serta deretan terumbu karang yang menjadi rumah bagi aneka biota laut. Pantai Santolo juga memiliki keunikan tersendiri yaitu Muara Cilauteureun. Cilauteureun dalam Bahasa Sunda berarti laut yang berhenti karena air disana seolah- olah berhenti karena sangat tenang, dan juga aliran air yang unik karena air mengalir dari laut ke sungai, bukan sebaliknya. Pantai Santolo juga menjadi tempat berkumpulnya para nelayan, pantai ini difungsikan sebagai dermaga bagi nelayan sekitar yang biasa pergi untuk mencari ikan.

Lokasi Pantai Santolo

Pantai Santolo berlokasi di Desa Pameungpuek, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Pantai Santolo

Akses untuk menuju Pantai ini cukup mudah namun anda harus melewati jalan yang sedikit bergelombang serta jalan yang tidak terlalu lebar. Jadi bagi anda yang membawa mobil pribadi diharapkan untuk berhati hati saat melintasi jalan tersebut.

  • Dari Ciwidey

Setelah anda berada di jalur Ciwidey, anda bisa langsung menuju daerah Cisewu. Setelah sampai Cisewu, anda bisa mengikuti petunjuk arah untuk sampai di Bungbulang yang kemudian sampai ke Desa Pameungpeuk.

  • Dari Kota Garut

Melewati kota Garut anda diharuskan untuk menuju ke daerah Cikajang. Setelah sampai di daerah Cikajang, anda bisa mengikuti petunjuk arah untuk sampai ke Cikelet dan kemudian di lanjutkan ke Desa Pameungpeuk. Lewat jalur ini, anda bisa menggunakan transportasi umum karena dinilai paling ramai pengunjung yang ingin datang ke Pantai Santolo.

  • Dari Bandung

Anda bisa melewati jalur Ranca Bali kemudian Naringgul, Cidaun, Rancabuaya, dan Santolo. Jalur ini cukup ramai serta memiliki jalan yang lebih halus.

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk yang dibanderol untuk bisa menikmati pemandangan di pantai ini sebesar Rp. 5.000 serta parkir kendaraan bermotor sebesar Rp. 2.000 , sedangkan roda empat sebesar Rp. 5.000

Fasilitas yang ada di Pantai Santolo ini cukup lengkap, tidak kalah dengan pantai pantai yang lain. Fasilitas yang disediakan di Pantai Santolo diantaranya adalah :

  1. Tempat Parkir

Di Pantai Santolo menyediakan tempat parkir yang luas bagi para pengunjungnya, dengan demikian anda tidak perlu khawatir saat hendak memarkir kendaraan anda.

  • Mushola

Di pantai ini juga terdapat mushola, jadi anda bisa melaksanakan ibadah saat berkunjung ke Pantai Santolo ini.

  • Warung makan

Di kawasan pantai ini juga banyak berdiri warung makan dengan beragam menu khususnya menu makanan khas Garut. Anda bisa memilih beragam menu makanan yang pas sesuai dengan budget yang anda miliki.

  • Toko Cenderamata

Anda tidak perlu bingung harus membawa apa untuk oleh-oleh keluarga dirumah karena di Pantai ini juga terdapat toko cenderamata dengan berbagai macam kerajinan tangan khas Garut.

  • Penyewaan Snorkeling

Di Pantai Santolo anda bisa menikmati pemandangan biota bawah laut dengan tarif sebesar Rp. 10.000 saja. Dengan 10.000 rupiah, anda sudah bisa menyewa peralatan renang tersebut.

  • Penginapan

Di kawasan Pantai Santolo juga terdapat penginapan yang bisa anda pakai untuk bermalam di pantai ini. Dengan harga yang beragam mulai dari 150 – 450ribu rupiah, anda sudah bisa menikmati fasilitas dari mulai Kipas angin, AC, Spring bed, dan masih banyak lagi.

Objek Wisata dekat Pantai Santolo

Talaga Bodas

Talaga Bodas merupakan obyek wisata berupa telaga yang berada di tengah kawah gunung berapi aktif. Disini, anda bisa menikmati sensasi bermain air dan mandi air panas di telaga ini, meskipun begitu, telaga ini tidak berbahaya dan aman untuk dikunjungi. Lokasi telaga ini berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa merupakan penginapan dengan konsep terbuka yang memiliki fasilitas taman yang menyenangkan. Di Kebun Mawar Situhapa ini terdapat lebih dari 500 jenis mawar dan adapula berbagai macam bunga lain yang tak kalah indah. Ada juga wahana bermain anak salah satunya adalah labirin mini. Kebun Mawar Situhapa berlokasi di Desa Sukakarya, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Leuwi Korsi

Leuwi Korsi adalah salah satu tempat untuk berburu foto, tempat ini menyajikan pemandangan tumpukan batu yang tersusun rapi serta airnya yang berwarna biru sebening Kristal. Untuk sampai ke tempat ini ketahanan tubuh anda harus diuji terlebih dahulu, karena medan yang ada disana cukup sulit untuk dilalui. Namun lelah anda akan dibayar impas dengan suguhan pemandangan yang disajikan di Leuwi Korsi. Leuwi Korsi berlokasi di Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Leuwi Jurig

Meskipun namanya yang menyeramkan, yaitu Kolam Setan, namun pemandangan disini justru sebalikya. Air berwarna biru jernih serta tebing yang mengelilingi begitu cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Lokasi Leuwi Jurig agak sedikit tersembunyi jadi jangan sampai tersesat ketika berkunjung ke Leuwi Jurig ini ya. Leuwi Jurig berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Provinsi Jawa Barat.

Tags: