Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Tidak diragukan lagi, Pantai ini menjadi rekomendasi untuk dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dan pasir putih yang terhampar dengan indah. Memang untuk menuju kesini tidaklah mudah. Anda akan disuguhkan dengan perjalanan menantang dan cukup menguji adrenali. Jalanan yang akan anda lewati sungguh sangat terjal dan berbatu yang akan menguras tenaga anda, terdapat jalan bebatuan selama menuju pantai Timang, ditambah juga dengan banyak pecahan karang tajam dan lancip dan juga medan jalan yang bergelombang naik turun.

Namun demikian, Pantai Timang ini tidak pernah sepi dari pengunjung, dan selalu dipadati wisatawan yang datang. Hal unik yang terdapat di pantai Timang ini dikarenakan adanya pulau karang di tengah laut. Berbeda dari pulau pada umumnya, yaitu pulau yang berupa sebidang tanah dan pasir putih, di Pantai Timang ini anda akan menemukan bongkahan batu karang tajam serta memiliki tebing yang curam yang dinamakan Pulau Timang.

Untuk menuju ke Pulau timang ini anda harus menyebrang menggunakan alat seperti gondola tradisional atau kereta gantung yang dibuat dengan kayu yang dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat untuk menopang berat badan . Sekilas kereta gantung ini mirip seperti permainan flying fox, namun jangan salah, sensasi yang akan anda dapatkan tidaklah sama. Selain karena terpaan angin laut yang dapat dibilang kencang anda juga harus bersiap-siap basah terkena derasnya ombak saat anda meluncur.

Sebenarnya, alat ini dibuat untuk para nelayan yang mencari lobster untuk menuju ke pulau timang. Namun sekarang, alat itu bukan hanya untuk para nelayan tetapi juga sudah bisa dinikmati oleh para pengunjung yang datang. Untuk menikmati sensasi asyik menaiki kereta gantung, wisatawan harus rela merogoh kocek Rp.50000 – Rp.200.000 untuk pulang dan pergi.

Lokasi Pantai Timang

Alamat : 55881, Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

Rute Menuju Pantai Timang

Jarak antara pusat kota Yogyakarta hingga ke Pantai Timang ini sekitar 80 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan kurang lebih sekitar 2,5 jam dengan lalu lintas normal.

Untuk menuju pantai Timang, Anda bisa berkendara kearah wonosari dan kemudian dilanjutkan dengan megikuti jalan pantai Baron. Atau seperti ini :

  • Yogyakarta – Piyungan –Patuk – Hutan Bunder – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Bintaos – Tepus – ambil kiri kea rah pantai suing – Gesing – Ndakbong – setelah pasar ndakbong sekitar 300 m masuk ke arah kanan – melewati jalan cor blok – jalan bebatuan – pantai timang

Rute kedua

  • Yogyakarta – Piyungan – patuk – Gading – Wonosari – ambil arah ke semanu – di perempatan semanu ambil arah kanan menuju Jepitu – Sogo – Cuwelo – Giri Panggung – Pringapus – ambil jurusan pantai suing – Pantai Timang

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga Tiket Masuk Pantai Timang ini cukup Terjangkau, yakni Rp 5.000 saja dan harga tiket tersebut sudah termasuk ongkos parkir. Sangat terjangkau bukan?

Pada beberapa Pantai di Gunung Kidul Pantai Timang ini adalah salah satu pantai yang sangat menarik untuk wisatawan, pasalnya pemandangan yang indah menjadi daya tarik utama serta keadaan pantai yang sangat bersih dari sampah, dan tidak lupa dilengkapi kereta gantung atau gondola yang membuat sensasi berbeda jika kamu berkunjung ke pantai lainnya.

Obyek Wisata Di Sekitar Pantai Timang

Setelah puas mengunjungi Pantai Timang, jangan pulang dulu. Anda juga wajib mengunjungi berbagai tempat wisata yang dekat dengan Pantai Timang. Habiskan waktu anda bersama keluarga maupun kerabat dengan menjelahi gunung kidul yang istimewa dengan pesona alamnya. Ini dia beberapa obyek wisata yang dekat dengan pantai Timang:

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal adalah satu-satunya pantai yang memiliki pohon duras di Jogja. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong mengunjunginya. Untuk lokasinya, pantai ini hanya berjarak 1,1km dari pantai Timang. Sangat dekat bukan?

Pantai ini dibuka sejak tahun 2012 oleh warga setempat dan tiap tahunnya mengalami peningkatan pengunjung. Nama Pok Tunggal sendiri diambil dari Pohon yang hanya satu-satunya di pantai itu, pohon itu dinamai Duras. Pok (Pokok) berarti Pohon dan tunggal karena Duras merupakan pohon satu-satunya disana.

Pantai Indrayanti

Keindahan di pantai Indrayanti memang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan dalam beberapa kesempatan pantai Indrayanti ini disebut-sebut mirip dengan pantai kuta dan legian di Bali karena kebersihan pantai yang memang selalu terjaga. Pantai ini pun tidak pernah sepi dari pengunjung. Disini, kamu bisa melakukan berbagai aktifitas pantai yang menyenangkan seperti bermain jet sky yang menantang adrenali, menikmati pemandangan indah pantai diiringi dengan suara gemuruh ombak dibawah payung pantai, atau menemani anak anda bermain di wahana permainan anak yang disediakan dan pastinya gratis. Hal terakhir, anda juga bisa melihat matahari tenggelam dengan nuansa indah nan romantic, yang dapat anda abadikan dengan sebuah foto.

Goa Pindul

Kalau anda bosan dengan pantai, Goa Pindul menjadi jawaban yang tepat atas kebosanan anda. Kalau anda berlibur ke Gunungkidul, tidak hanya pantai yang wajib anda kunjungi. Menyisiri Goa pun menjadi sangat seru untuk dilakukan.

Di Goa pindul, anda akan diberikan Ban yang berfungsi sebagai pelampung. Tugas anda hanyalah duduk saja, dan pemandu akan membawa anda menyusuri Goa dan menjelaskan hal apa saja yang terdapat disana. Disini anda juga dapat rive tubing di sepanjang sungai oyo. Benar-benar liburan yang tak akan terlupakan!

Tags: